7 Pola Hidup Sederhana Ini Bikin Kamu Tambah Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Kata-kata bijak mengatakan kalau kesuksesan berawal dari sebuah kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Kebiasaan seperti bangun tidur, cara bekerja, dan cara menghadapi masalah menjadi hal kecil yang membutuhkan perhatian lebih untuk mewujudkan sukses.

Ketika Anda peduli dan mau mengubah kebiasaan tersebut, percayalah kesuksesan dengan sendirinya akan datang menghampiri. Bagi Anda yang sudah sukses, jangan cepat berpuas diri. Tetaplah fokus untuk mengubah pola hidup dengan tips sederhana di bawah untuk menambah kesuksesan.

Lalu, bagaimana cara mudah untuk meraih sukses? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut tujuh pola hidup sederhana yang bisa menambah kesuksesan.


1. Selalu Merencanakan Kegiatan untuk Hari Esok

Tanpa sebuah perencanaan yang jelas, hari-hari yang Anda lalui akan jauh dari kata maksimal. Orang sukses seperti Bill Gates dan Steve Jobs saja selalu meluangkan waktu untuk mengevaluasi kinerja hari ini, lalu merencanakan kegiatan untuk hari esok, agar hasilnya lebih baik dari hari sebelumnya.

Tulis rencana-rencana Anda secara rinci dan lengkap dengan waktu pelaksanaan. Apabila praktiknya di luar perencanaan, mereka akan kembali berbenah diri dan merancang kegiatan baru untuk hari esok. Begitu seterusnya, sehingga setiap detik yang Anda miliki tidak terbuang untuk sesuatu yang sia-sia.

2. Usahakan Bangun Pagi Sebelum Matahari Terbit

Bagi Anda yang terbiasa bangun siang, mulai besok usahakan bangun pagi, atau kalau perlu sebelum matahari terbit. Tirulah kebiasaan orang sukses yang paling tidak bangun 3-4 jam sebelum memulai aktivitas di pagi hari.

Bangun pagi tidak akan membuat Anda kekurangan waktu tidur. Justru dengan terbiasa bangun pagi, Anda akan dilatih untuk mengatur waktu tidur sebaik mungkin agar Anda tidak merasa kantuk saat bekerja keesokan harinya.

3. Luangkan Waktu untuk Berolahraga

Selain menyehatkan, olahraga membuat tubuh Anda terasa bugar, sehingga Anda tidak malas-malasan saat beraktivitas. Olahraga seperti jogging, senam, treadmill atau bersepeda sudah cukup baik untuk tubuh.

Sebelum berolahraga, usahakan untuk meneguk segelas air putih dan makan buah-buahan segar agar perut Anda tidak kembung. Maka badan Anda pun akan terasa begitu segar dan bersemangat.

4. Jangan Lupa Sarapan untuk Menambah Stamina

Agar konsentrasi di tempat kerja senantiasa terjaga, jangan lupa sarapan. Gunakan sisa waktu di pagi hari untuk menyiapkan menu sarapan yang kaya akan gizi. Tidak perlu susah payah memasak karena buah-buahan dan segelas susu segar sudah cukup mengenyangkan.

Jika Anda tidak sempat sarapan di rumah, setidaknya Anda sudah mempersiapkan bekal untuk disantap di kantor nanti. Dengan demikian, Anda tidak akan pernah melewatkan momen sarapan pagi yang sangat penting untuk menunjang produktivitas.

5. Mengecek E-Mail dan Berita Terbaru

Upcoming event dari kantor atau media partner acap kali disampaikan melalui e-mail. Cek e-mail secara rutin di pagi hari. Agar tidak buang-buang waktu, ceklah e-mail ketika Anda sedang menikmati sarapan.

Selain e-mail, Anda juga perlu mengetahui berita-berita terbaru, khususnya mengenai ekonomi, sosial, politik, dan budaya. Keempat elemen ini secara tidak langsung dapat memengaruhi kinerja perusahaan di masa mendatang. Sebelum hal ini terjadi, Anda dapat memikirkan langkah antisipasi agar perusahaan tidak terkena imbasnya.

6. Memerhatikan Penampilan Sebelum Berangkat Kerja

Penampilan adalah aspek terkecil yang tidak boleh luput dari pandangan Anda. Meskipun penampilan tidak dapat mendeskripsikan kepribadian seseorang secara jelas, tetapi penampilan menggambarkan sebagian kecil dari karakter seseorang.

Berkacalah setidaknya 1 menit di depan cermin untuk memerhatikan penampilan secara keseluruhan. Jika ada bagian yang kurang pas, Anda dapat segera memperbaikinya agar penampilan tetap on point sesampainya di kantor.

7. Jauhkan Hal-Hal yang Dapat Mengganggu Konsentrasi

Ketika waktu untuk bekerja sudah tiba, nonaktifkan gadget untuk menjaga konsentrasi selama bekerja. Idealnya, nada panggilan masuk, pesan masuk atau bunyi e-mail dapat menyebabkan pikiran menjadi buyar. Bahkan Anda bisa lupa pada sesuatu yang ingin dikerjakan di awal.

Nyalakan musik atau MP3 saat merasa bosan. Tapi ingat, jangan sampai mengganggu rekan kerja yang lain. Mendengarkan musiknya juga jangan terlalu lama agar pekerjaan cepat selesai sesuai yang direncanakan.

Perlahan-lahan Tapi Pasti

Mengubah pola hidup bukanlah hal yang mudah. Tetapi dengan tekad dan kemauan, kebiasaan buruk perlahan-lahan akan hilang dengan sendirinya. Hindari cara instan untuk mengubah kebiasaan, biar perlahan namun tetap pasti. Sehingga apa yang menjadi harapan bisa terwujud dengan baik.

sumber : liputan 6.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAKUKAN 7 TIPS BERIKUT AGAR HIDUP BAHAGIA

Kunci Hidup Bahagia adalah dengan Kerja Keras dan Hidup Sederhana